Berita Terbaru :
Home » » KPK Pasti Akan Sulit Mendapatkan Keterangan Objektif Dari Sri Mulyani

KPK Pasti Akan Sulit Mendapatkan Keterangan Objektif Dari Sri Mulyani

Written By Kabar Riau on Saturday, March 9, 2013 | 10:54 PM


Rencana Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terbang ke Amerika Serikat, memeriksa Sri Mulyani terkait kasus bailout Century, menuai kritikan dari Parlemen. Anggota Komisi III DPR, Achmad Basarah mengatakan KPK pasti akan sulit mendapatkan keterangan objektif.

"Hal itu dapat diibaratkan sama dengan KPK berburu kancil di kandang macan. Artinya, KPK akan sulit mendapatkan keterangan objektif, bahkan bisa jadi hasil pemeriksaan KPK direkayasa untuk menguntungkan Sri Mulyani dan kroni-kroninya. Bisa menimbulkan kesan KPK takut berhadapan dengan kepentingan asing," kata Basarah dalam siaran pers, Selasa (5/3).

Menurut Basarah, pengibaratan itu tidak berlebihan. Sebab, dia menilai pengangkatan Sri Mulyani sebagai pejabat teras World Bank, di saat hiruk-pikuk dugaan keterlibatan dirinya pada kasus Century, sarat pertanyaan kecurigaan.

"Bahwa pihak asing telah terlibat dan mengintervensi dalam upaya penyelamatan Sri Mulyani, dari kemungkinan terjerat sanksi hukum atas kasus Century tersebut," duga Basarah.

Untuk itu, Basarah tidak setuju KPK berangkat ke AS. Seharusnya sebagai warga negara yang menganut asas kesamaan hak di mata hukum, KPK memanggil pulang Sri Mulyani dan memeriksanya. Terlebih, anggaran operasional KPK masih terbatas, tentu rencana ke AS dinilai sebagai sebuah pemborosan anggaran.

"Kecuali setelah tiga kali dipanggil Sri Mulyani ke KPK tidak hadir, maka barulah masuk akal dan dapat disetujui jika penyidik KPK berangkat ke AS untuk menjemputnya secara paksa, sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku," tutup Basarah.(Merdeka)

Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Jony Template | ||
Copyright © 2013. KabarRiau - All Rights Reserved
Template Created by J.A
Diterbitkan : CV. Sartika Annisa Pratama