Berita Terbaru :
Home » , » Mambang Mit Mengaku Tak Sepaham dengan Rusli Zainal

Mambang Mit Mengaku Tak Sepaham dengan Rusli Zainal

Written By Kabar Riau on Saturday, March 16, 2013 | 8:10 AM

METRO TERKINI - Mambang Mit Mengaku Tak Sepaham dengan Rusli Zainal

Mambang mengatakan konflik gubernur dan wakil gubernur akan terus terjadi karena dalam Undang-Undang tentang Pemerintah Daerah posisi gubernur dan wakilnya ditempatkan dalam satu "kotak" namun wewenang wakil gubernur tidak diatur secara jelas. Dengan begitu, keputusan gubernur menjadi sangat mutlak sebagai lembaga eksekutif, sedangkan peran wakil gubernur tidak diatur secara signifikan.

"Dalam aturannya, eksekutornya hanya gubernur. Wakil gubernur hanya bersuara hanya untuk dilihat, jadi sampai kapan pun agak sulit untuk mencegah terjadi konflik," ujarnya.

Mambang mengakui hal tersebut kerap menimbulkan kekeliruan dalam roda pemerintahan, salah satu kasus yang pernah terjadi saat pelantikan pejabat kepala dinas Pemprov Riau pada tahun lalu. Saat itu Rusli Zainal yang berhalangan hadir memerintahkan Sekretaris Daerah Wan Syamsir Yus untuk menggantikan dalam pelantikan, padahal pada waktu yang sama Mambang Mit ada.

"Saya pernah cegat sebuah pelantikan karena saya bekas dari Sekda dan Baperjakat. Kalau tidak prosedural saya berkewajiban dan menundanya, tapi karena eksekutornya bukan saya maka Sekda pun berani melawan wakil gubernur," ujar Mambang berkeluh kesah.

Namun menurut Mambang lagi, untung saat itu ia bisa menahan diri untuk tidak bersikap frontal melawan kebijakan tersebut. Ia mengatakan selama ada kesepakatan bersama mengenai pembagian kerja antara gubernur dan wakil gubernur. Mambang mencohtkan di daerah lain hal itu bisa terjadi seperti di Sumatera Barat saat kepemimpinan Gubernur Gamawan Fauzi, Kalimantan Tengah lewat Teras Narang dan Jokowi-Ahok di DKI Jakarta.

"Kalau kepemimpinan bisa seimbang, daerah pasti akan maju," ujarnya.
 
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Jony Template | ||
Copyright © 2013. KabarRiau - All Rights Reserved
Template Created by J.A
Diterbitkan : CV. Sartika Annisa Pratama