Berita Terbaru :
Home » » Sejumlah Virus Perlu Diketahui Sifatnya, dan Pencegahannya Kalua Terserang

Sejumlah Virus Perlu Diketahui Sifatnya, dan Pencegahannya Kalua Terserang

Written By Kabar Riau on Tuesday, March 12, 2013 | 7:42 PM



Banyak penyakit ditularkan oleh Virus dari seseorang dan Hewan ke yang lainnya. Ada baiknya Anda mengetahui jenis-jenis virus ini apa saja dan virus - virus tersebut yang bisa menularkan penyakit dan penyakit apa saja.
 
1. Cacar : Gejala-gejalanya yaitu tubuh yang terkena virus ini mengakibatkan penyakit cacar atau poks manusia atau hewan akan mengalami demam tinggi. Kemudian, timbul benjolan bernanah pada permukaan kulit biasanya banyak terlihat pada wajah, tangan, kaki, bahkan ada terlihat di sekujur tubuh.

2. Campak : Gejala-gejalannya tubuh yang terjangkit oleh virus ini mengalami batuk, pilek, dan demam. biasanya setelah menderita demam, akan timbul bercak - bercak merah pada kulit.

3. Demam berdarah : Virus
DEN-1, DEN-2, DEN-3, dan DEN-4, biasanyapenyakit ini mengakibatkan demam berdarah adalah salah satu dari empat serotipe virus yang berbeda antigen yang termasuk kelompok Flavivirus. Serotipenya, biasanya penyakit ini dirularkan nyamuk, perlu anada ketahui dan waspadai nyamuk ini menularkan penyakit pada siang hari.

Gejala-gejala tubuh yang terinfeksi virus ini di antaranya mengalami demam tinggi secara tiba-tiba disertai sakit kepala yang hebat, sendi dan otot terasa nyeri biasanya sangat sakit sekali, dan terasa nyeri di belakang mata, diseretai muntah-muntah, serta denyut nadi melemah, banyak korban pada anak - anak, kematian akibat demam ini sangat tinggi. 

4. Virus Influenza : Gejala-gejala tubuh yang terserang virus penyakit influenza ditandai dengan demam, menggigil, sakit kepala, dan mual-mual, bisanya yang terserang akibat virus ini karna kondisinya lemah.

5. Hepatitis (hati) : Tubuh yang terinfeksi virus penyakit hepatitis gejalanya penderita penyakit ini mudah lelah, nafsu makan berkurang, mual, muntah, lemas, stamina menurun, dan sering mengantuk. juga penderita hepatitis akut biasanya ditandai dengan nyeri pada ulu hati, dan demam seketika.

Gejala-gejalanya yang terjangkit virus penyakit hepatitis inipun dapat dilihat secara fisik seperti pada urin yang berwarna gelap, feses berwarna putih, kuku, kulit, dan bagian pada putih mata berwarna kuning, perut bagian atas membesar, dan berat badan semakin lama semakin menurun.
 
6. Konjuctivis (radang pada mata) :Yang terjangkit virus ini merasa gatal, kelopak mata terasa bengkak, sering mengeluarkan kotoran mata, mata merah dan berair, walau penyakit ini tidak berbahaya sebainya jangan dianggap enteng, kalau virus ini tak terobati bisa menyebabkan kebutaan.

7. Polio (syaraf) : Virus polio terdiri atas tiga strain, yaitu strain 1 (brunhilde), strain 2 (lanzig), dan strain 3 (leon).

Gejala-gejala tubuh yang terjangkit virus polio ringan: suhu badan panas (tapi suhunya tidak terlalu tinggi), seluruh tubuh terasa nyeri, muntah-muntah, sakit kepala, sakit tenggorokan, dan mata panas.

Gejala-gejala tubuh yang terjangkit virus polio akut akan mengalami suhu badan yang sangat tinggi, sakit kepala yang hebat sekali, pundak terasa kaku, otot terasa nyeri tak terkirakan, dan sensitifitas kulit berkurang.

8. Gondong : Bagaimana virus penyakit masuk/menular ke dalam tubuh manusia?
Virus penyakit dapat masuk ke dalam tubuh manusia/menular dengan beragam cara, di antaranya melalui.
 
Virus penyakit gondong menyebabkan penyakit gondong. Virus ini ditularkan melalui udara. Gejala-gejala tubuh yang terinfeksi virus gondong akan mengalami demam.

Selain itu, saat menelan, mengeluarkan air liur, atau membuka mulut, penderita akan merasa sakit, telinga mendengung, pembengkakan di daerah pipi, tidak enak badan serta sakit kepala.

Perlu diketahui penyakit ini menjangkiti manusia berbagai cara : 
  1. transfusi darah
  2. kontak tangan
  3. mulut
  4. makanan
  5. udara
  6. pakaian
  7. minuman
  8. Air
  9. tenggorokan
  10. air susu
  11. air liur
  12. Barang-barang yang digunakan.
  13. Tempat tinggal
Adapun jenis-jenis virus hepatitis di antaranya :
  • virus hepatitis A atau VHA,
  • virus hepatitis B atau VHB,
  • virus hepatitis C atau VHC,
  • virus hepatitis D atau VHD,
  • virus hepatitis E atau VHE,
  • virus hepatitis F atau VHF,
  • virus hepatitis G atau VHG. (Tips)

 
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Jony Template | ||
Copyright © 2013. KabarRiau - All Rights Reserved
Template Created by J.A
Diterbitkan : CV. Sartika Annisa Pratama