Berita Terbaru :
Home » , » Tahukah Anda Putra Indonesia, Bernama Yusianto Adalah Penentu Cita Rasa Kopi America

Tahukah Anda Putra Indonesia, Bernama Yusianto Adalah Penentu Cita Rasa Kopi America

Written By Kabar Riau on Monday, March 18, 2013 | 9:02 PM

Sipenentu Cita Rasa Kopi

Siapa yang tak kenal kopi asli Indonesia, baik citarasa ataupun keharumannya. Dunia mengakui kopi Indonesia masuk dalam lima besar kopi terenak dan sedap di dunia. Namun kita tidak bisa terlena dengan keenakan itu tanpa menjaganya, beberapa orang warga kita mampu menemukan cita rasa kopi.

Penguji citarasa kopi itu adalah salah satu penjaga gawang untuk mempertahankan citarasa kopi Indonesia. namanya dipanggil Yusianto, beliau merupakan salah satu penguji citarasa kopi di Pusat Penelitian Kopi dan Kakao (Puslit Koka) Indonesia kantornya di Jember, Jawa Timur.
Dalam pengujian beliau tidak peduli apakah kopi Jember, Jawa, Toraja, Papua, Kintamani, Mandailing ataupun Gayo, semua di tesnya, tugas pengujian sita rasa kopi inilah yang menentukan berstandar Specialty Coffee Associaton of America (SCAA) untuk menghasilkan cita rasa kopi yang bermutu tinggi.

Kopi ini masuk dari berbagai ke Puslit Koka Indonesia untuk diujicoba. Pertama, biji kopi kering atau kopi OC disangrai dalam suhu 150 derajat celcius untuk mendapatkan warna sesuai standar warna SCAA. Kopi sangrai disesuaikan dengan tabel warna. Kopi yang berwarna coklat ditumbuk, dicium, diseduh, dibaui dan diicip-icip, setelah itu baru di luncurkan.

Hasil pengujian citarasa itu disesuaikan dengan tabel rasa dengan standar SCAA dan dinilai. Baginya dan rekanya di Puslit Koka Indonesia itu, proses icip-icip untuk menentukan rasa kopi yang bermutu.

"Ini penting karena menjaga kopi sama dengan menjaga budaya Indonesia, seperti judul buku Secangkir Kopi Meracik Tradisi," Ujarnya. (blog KR).

Image Number 1Image Number 2Image Number 3Image Number 4Image Number 5Image Number 6Image Number 7
Share this post :

+ komentar + 1 komentar

March 18, 2013 at 9:05 PM

tokoh yg jarang dilirik

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Jony Template | ||
Copyright © 2013. KabarRiau - All Rights Reserved
Template Created by J.A
Diterbitkan : CV. Sartika Annisa Pratama